Sudin SDA Jakut Antisipasi Genangan Jelang Musim Hujan

By Admin


nusakini.com - Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara melakukan persiapan menghadapi musim hujan yang diperkirakan mulai November mendatang. Normalisasi saluran penghubung (PHB) dan kesiapan alat penunjang pun dilakukan dengan maksimal.


"Untuk mengantisipasi adanya genangan, kita sudah lakukan berbagai persiapan. Mulai dari pengerukan saluran air, menyiapkan pompa stasioner, pompa mobile, pompa portable dan sebagainya," kata Santo, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara


Santo mencontohkan salah satu saluran yang masih dalam proses normalisasi yakni di Kali Cakung Lama, sepanjang dua kilometer. "Di jalan inspeksinya kita akan buat crossing," ucapnya.


Sebanyak 14 titik rumah pompa pun telah dilakukan pengecekan kesiapannya. Seluruh pompa yang ada dalam kondisi prima. Selain itu didukung dua pompa mobile berkapasitas 200 liter per detik dan 100 liter per detik. Kemudian ada 10 pompa alkon untuk penanganan bersifat darurat.


Selanjutnya ada stok 5.000 karung pasir yang digunakan untuk tanggul jika terjadi longsor maupun luapan air.


"Karung pasir ini akan didrop ke masing-masing kecamatan sebanyak 500 lembar karung. Jika keadaan darurat maka karung bisa digunakan untuk membuat tanggul," tandasnya.